Wednesday, November 12, 2008

resesi lagi

Bener2 ya... Allah tu bisa melakukan apapun yg Dia inginkan di dunia ini. Kun fayakun..

Sapa sih yg bakal menyangka ekonomi Amerika kollaps separah itu? Sapa sih yg bisa menduga harga minyak bakal drop jadi dibwah 55usd per barrel setelah sebln sebelumnya sempet diatas 100usd per barrel?? Sapa sih yg bakal menduga kollapsnya ekonomi Amerika berarti keruntuhan negara2 kaya di dunia ini? Well people, brace yourself cos it is happening.

Ditengah2 kebingungan seperti ini, spekulasi dan analisis ekonomi beterbangan dimana2. Kaya "kiamat sugra" aja sih menurut gw. Smua orang berlari mencari tempat aman utk bernaung. Tapi klo udh kaya gini sebenernya susah jg. Smua mata uang ikut terjun bersama USD. Bahkan poundsterling pun bergeming bareng USD. Gmn rupiah hayo?

Klo analisis gw pribadi dan baca2 di koran, gw setuju ini resesi bakal sedikit lama. Perlu waktu buat menyehatkan ekonomi Amerika soalnya. 1-2 tahun kali ya. tergantung Obama jg sih tampaknya. Cm gw masih melihat Indonesia punya harapan. Ekonomi dalam negeri kita masih jalan. SOalnya di Indonesia ada produsen, konsumen, dan distributor. Gw justru khawatir sm Singapore. Impor pasti mule berkurang kan, otomatis perkembangan ekonomi bisa jd negatif. Skrg aja ktnya udh stagnan.

Efeknya? kemungkinan PHK bagi para foreigner rendahan atau kelas tinggi lebih besar. Yang logikanya klo diPHK bakal ngaruh bgt dlm mengurangi cost. Gw denger2 fenomena PHK alias ga perpanjang kontrak ini udh mule kliatan disini. Di indo jg di perusahaan2 gede udh mule beredar isu2 PHK.
Meski begitu, gw pikir ini waktu yg tepat bagi indonesia utk menggiatkan pasar dalam negeri. Makanya bnyk iklan2 di koran akir2 ini yg gencar blg, cintai produk bangsa sendiri. hahaha.. Kalo Indonesia sukses memanfaatkan waktu ini utk membangun bangsa sendiri gw yakin ntar pas negara2 raksasa itu mulai bangkit lagi kita ga seterpuruk itu.

Nah buat gw, gw jg nyari aman dong.. Skrg lg pikir2 mau bli mata uang apa. Just in case nanti Singapore jatoh gara2 impor ga jln dan ekonomi cm berjalan utk menghidupi negaranya sendiri. Mesti pny backup plan doong...

No comments: