Thursday, February 19, 2009

Catatan dari Semarang

Terakhir kali saya mengunjungi Indonesia, saya menyempatkan diri menengok Eyang Putri di Salatiga. Salatiga adalah sebuah kota kecil di lintasan jalur dari Semarang menuju Solo. Untuk mencapai tempat itu langsung bisa dengan mengendarai bus, tapi ah, jika anda pernah naik bus lintasan Jawa pasti juga ogah. Naek bus ke Jawa tu = mempertaruhkan nyawa. Alternatif lainnya hanya naik kereta ato pesawat ke Semarang. Saya akhirnya memilih naik kereta karena saya rindu dengan rel kereta, jesgejesgejes.. tuuuuuutttuuuutt..

Setibanya di Semarang, ibu saya mewanti2 utk naek becak ke Jln Cipto.
"kalo ibu sama bpk, biasanya berdua Rp.5000. Tapi km sm Bram kayanya Rp.10000 deh" (note: Bram tu beratnya 1 kwintal)

Akirnya setelah sedikit tawar menawar, si bapak setuju dibayar Rp.10,000. Becak itu seperti becak2 di jawa pada umumnya, becak yg atapnya bisa dilipat. Ketika atapnya dilipat, tukang becak dan penumpang bisa bercakap2.

"Adek masih sekolah?"
"Gak pak.. saya udah kerja"
"Kerjanya jadi apa?"
"Saya anak teknik pak, jd skrg jadi insinyur"
"wah enak ya dek udah selese sekolahnya. Anak saya semua masih sekolah dek. Yang paling besar masih semester 8, yg kedua baru semester 3"
"Semester 8 kan udah mau selese pak.. emang ambil jurusan apa?"
"kedokteran dek, di undip. mahal deh biaya kuliahnya. adaaaa aja biayanya. Saya sampe harus jual sawah di kampung buat bayar. Alhamdulillah semua kebutuhan keluarga saya bisa dipenuhin dgn ngebecak gini dek. Alhamdulillah juga saya bisa nyekolahin keluarga saya ya dari ngebecak ini"
" wo iya, kedokteran sih emang lama ya pak.. yang kedua jurusan apa pak?"
"akuntansi, klo yg ketiga masih smp dek"
"ya gapapa lah pak, kalo udh jadi dokter kan insy bisa bantu2 bpk di kemudian hari.

Ketika sampai di tujuan tidak jauh dari sana, saya memberi sedikit lebih utk si bapak. Saya sadar sesadar-sadarnya, saya sangat beruntung.
Allah itu maha adil sebenarnya, dari harta yg halal insya Allah akan menghasilkan output yg bagus dan bermanfaat pula. Banyak orang kaya diluar sana yg hartanya haram, output yg dihasilkan pun tidak bermanfaat. Siapa bilang utk bertahan hidup anda perlu uang yg banyak? Anda hanya perlu berusaha, tidak peduli berapa yang anda dapet selama anda berusaha berdoa dan mencari harta yang halal. Niscaya hasilnya akan lebih baik. Anda mungkin tidak akan pernah kaya secara materi, namun anda akan selalu merasa cukup.

No comments: