Wednesday, October 19, 2011

Paket-Paket yang Kesasar

Gw adalah orang yang seneng belanja online. Soalnya ga perlu cape muter-muter tinggal klak klik klak klik tiba2 udah sampe rumah aja itu barang. Tapi memang ada beberapa resiko berbelanja online, seperti: ukuran tidak pas, barang nyasar dll.

Nah sudah 2x terjadi drama "paket". Agak menyebalkan sih pas ngalamin, tapi lucu kalo udah berlalu.

Kasus ke 1
Drama "paket" pertama terjadi sekitar 1 thn lalu. Gw beli barang dari OLS. Berhubung tinggalnya di Singapur jd nitip ke temen yg mau ksini, otomatis dikirimnya ke rumah dia dong. OLS ini bisa dibilang langganan lah. Udah beberapa kali beli sama dia biasanya dikirim ke apartemen Ibu di Jakarta. Jadi bisa dibilang dia udah punya alamat dan kontak tetapnya. Gw blg sm si OLS ownernya yg sekali ini aja dikirim ke Bandung, ke alamat yg berbeda. Setelah transfer, dia kirim barangnya, katanya sampai dalam 3 hari kira-kira. Selang 3 hari tanya ke teman di Bandung katanya dia belum terima. Terus gw cek di website tracking nya tulisannya "3 times unsuccessful delivery attempt". Pas tanya ke teman dia bilang selalu ada orang di rumah dan  ga ada tuh yang nganter barang. Berikutnya telpon ke kurir servisnya eh malah dimarahin sm mbak2nya, "Mbak, kita udah 3 kali nyoba nganter gagal terus ga ada orang di rumah, kalo gagal lagi kita kembalikan mbak ke pengirimnya". Lah wong ga ada yg dateng nganter barang, gimana bisa bilang ga ada orang di rumah?

Anyway, 2 hari berlalu kata teman gw tetep ga ada yg nganter paket, jadinya gw cek lagi ke websitenya. Disitu ditulis, "package delivered". Loh, nyasar ke mana itu paket? Kembali gw telepon si kurir servis, dan dia mengkonfirm kalo itu paket udh diterima sama orang yg bernama Mahdi. Ih itu orang tega banget sih, ngambil barang yg bukan haknya dia (pikiran gw waktu itu). Terus gw hubungi si OLS owner nya, komplen itu barang nyasar. Terus gw tanya alamat yg waktu itu dia kasih sama no telpon yg bisa dihubungi bener ga? Dia bilang dia kasih alamat yg gw kasih kok tapi ternyata nomer telpon yg dia kasih ke kurir servis adalah... nomer telepon nyokap :|.

Gw telepon nyokap, terus nyokap bilang, "Oiya, waktu itu ada yang nelepon nanya alamat kamu di Bandung, ibu kasih aja alamatnya ibu kos yg lama (sekarang kosan adek gw)". Setelah gw pikir-pikir lagi, nama Bapak Kos gw kan MAHDI hahahahaahaha. Setelah itu telepon ex kostan, kata ibu kos emang ada waktu itu paket dateng atas nama gw, trus dikasih ke adek gw. Nah si adek gw yg dodol kagak konfirm ke gw, disimpen aja itu paket. Pas gw tanya ke dia dia cm menjawab dengan lempeng, "Iya ada paket noh buat lo, gw bingung kenapa dikirim kesini". *sigh*.

Kesimpulan cerita pertama: Paket nyasar ke rumah ibu kos karena SALAH nomer telepon, dan orang yg nerima (adek gw) ga konfirmasi.

Kasus ke 2
Kasus yang kedua baru aja kejadian. Nah, kali ini adalah pembelian pertama dari si OLS. Setelah transfer gw sms orangnya konfirm pembayaran. Ga dibales. 3 hari kemudian gw tanya lagi, ga dibales.. Wiken gw kan sakit, jd hari Senen gw tanya lagi via FB dan dia bilang udah dikirim tgl seminggu sebelumnya dengan nomer resi XXXXXXXXXXXX. Wat? Seminggu masa ga nyampe2??? Bandung Jakarta gitu lowh. Gw tracking dong dari websitenya gagal, "invalid number". Kali ini gw agak grogi soalnya akhir-akhir ini lg marak penipuan OLS owner bilang udah dikirim tapi barang belum dikirim. Mana ini kali pertama gw purchase pula. Tapi gw sih insyaAllah yakin toko ini ga akan nipu. Jadi pasti terjadi miss di ujung penghantaran atau penerimaan.

Gw telepon si suami minta tolong teleponin ke kurir service buat ngecek status barang. Setelah dia ngecek, kata suami itu barang udah sampai dengan selamat di rumah diterima sm Nur (yang mana adalah Lek nya). Terus dia telepon rumah, katanya ada paket dateng tapi buat ipar gw. Suami gw dengan pede bilang ah paling salah naro, itu harusnya paket kamu. Gw konfirm ke ipar gw, dia bilang, "Bukan Ji, itu emang paket gw. Justru orang rumah ngira itu paket lo tapi namanya kan nama gw." Bingung dong gw...

Gw telepon lagi suami:
Gw: "Yah, itu bukan paket gw, kata Kiki itu beneran punya dia, jadi paket gw mana?
Suami:  (ngotot)  "Gw konfirm ke kurir service pake nomer yang kamu kasih itu udah sampe. Jadi harusnya itu paket kamu"
Gw: "Beda yah, dia itu kurirnya beda, jadi ga mungkin mixed up"
(suami terdiam)
Suami: "Eh, apa jangan-jangan paket kamu udah sampe dari minggu lalu dan kucemplungin ke koper ya"
(yang bener ajeeeeeee)
Gw: "AH!!! Cek gih! Jangan gw udah ribut ke seantero dunia tapi paketnya ternyata selama ini nongkrong di kamar lo!!"
(Beberapa menit kemudian)
Suami: "Hehe ibu, ternyata ada di koperku. Aku samar2 ingat suatu malam aku pulang cape banget ada paket buat kamu. Jd kucemplungin aja langsung ke koper buat dibawa ke Singapur"

Kesimpulan: Paket kedua ga nyasar, cuma gara2 orang yg APATIS jadinya itu paket seakan kesasar.